Rabu, 16 November 2011

Artikel Susu Biji Nangka


Susu Biji Nangka Sebagai Minuman Enak, Murah, Bergizi Tinggi, dan Tanpa Bahan Pengawet
  1. Pendahuluan
1.    Latar Belakang
Pada masa sekarang ini harga susu semakin meningkat, masyarakat yang memiliki ekonomi kurang mungkin tidak memperhatikan pemenuhan gizinya dengan meminum susu yang sangat penting bagi tubuh juga tulang agar tidak terjadi osteoporosis (pengeroposan tulang). Melihat kondisi kebutuhan ekonomi yang semakin lama makin meningkat, disini kita akan memanfaatkan biji nangka untuk diolah menjadi susu yang enak, mempunyai kandungan gizi yang tinggi, dan juga memiliki nilai jual ekonomi yang tinggi.
Berdasar uji laboratorium, kandungan fosfor dan kalsium susu biji nangka lebih tinggi daripada susu kedelai. Sementara kadar lemaknya justru lebih rendah. Biji nangka ternyata punya banyak manfaat. Ampas saringan biji nangka pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue.
Oleh karena itu, masyarakat perlu memilih minuman siap saji yang enak, sehat dan bergizi tinggi tanpa bahan pengawet yaitu susu biji nangka yang kami olah. Susu biji nangka ini merupakan minuman ringan yang enak, murah, bergizi tinggi tanpa bahan pengawet. Karena biji nangka mengandung karbohidrat (36,7g/ 100g), protein (4,2d/ g), dan energi (165 kkal/ 100g), sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan mineral per 100 gram biji nangka adalah fosfor (200 mg), kalsium (33 mg), dan besi (1,0 mg). Biji nangka juga mengandung kalsium, zat besi, juga vitamin A, B1, dan vitamin C.
( Direktorat gizi, Depkes )
2.    Rumusan Masalah
Bagaimana cara menghasilkan minuman yang siap saji, enak, sehat, bergizi tinggi, dan mempunyai nilai jual ekonomi yang cukup tinggi yaitu dengan memanfaatkan biji nangka untuk mengolahnya menjadi susu.
3.    Tinjauan Pustaka
Biji nangka merupakan sumber karbohidrat (36,7g/ 100g), protein (4,2d/g), dan energi (165 kkal/ 100g), sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik. Kandungan mineral per 100 gram biji nangka adalah fosfor (200 mg), kalsium (33 mg), dan besi (1,0 mg). Biji nangka juga mengandung vitamin A, B1, C.
Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae, nama ilmiahnya adalah Artocarpus Heterophyllus.
Daging buah yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum manis yang keras, berdaging terkadang berisi cairan (nectar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2-4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokrap yang liat keras keputihan, dan eksokrap yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.
4.    Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat yang diharapkan antara lain:
1.    Pemanfaatan biji nangka yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
2.    Pembuatan susu biji nangka sebagai alternatif minuman siap saji yang enak, sehat, dan bergizi tinggi.
3.    Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dengan memanfaatkan pengetahuan berbasis kewirausahaan.



  1. Hasil dan Pembahasan
Melihat fenomena banyaknya masyarakat yang belum memanfaatkan biji nangka maka kami akan memperkenalkan olahan biji nangka dengan tampilan yang menarik kepada masyarakat. Biji nangka tersebut akan kami olah menjadi susu yang bergizi tinggi dan memiliki daya jual yang tinggi pula. Adapun cara pembuatannya dengan menyiapkan biji nangka 1 kg selanjutnya, rendam biji nangka selama 12 jam hingga kulitnya terkelupas. Kemudian biji-biji ini direbus hingga empuk. Setelah itu diblender kemudian disaring.
Tambahkan gula ½ kg kedalam air sari biji nangka tersebut. Rebus kambali sari biji nangka, setelah matang susu biji nangka siap disajikan hangat ataupun dingin, lalu kemas kedalam plastik yang menarik dan susu siap untuk di distribusikan. Sebagai peluang usaha kami titipkan susu biji nangka tersebut ke warung-warung sekitar tempat tinggal kami, kantin, dan koperasi mahasiswa.
Harga yang kami tawarkan cukup murah dengan Rp 1.500,00 per bungkus. Bahan–bahan yang mudah didapat, mudah dibuat serta harga yang terjangkau ini kami menyajikan susu yang enak, murah dan mempunyai nilai gizi yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai usaha home industri bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah.


  1. Kesimpulan dan Saran
1.    Kesimpulan
Biji nangka sebagai produk  minuman siap saji  yang enak,  sehat, dan bergizi tinggi. Selain itu, melalui kegiatan ini susu biji nangka menjadi minuman yang lebih diminati dan menambah nilai jual dari biji nangka. Biji nangka sebagai rumah produksi yang akan menambah penghasilan keluarga dan menciptakan lapangan pekerjaaan.
2.    Saran
Melalui kegiatan ini maka saran yang diharapkan antara lain :
1.    Agar masyarakat mengkonsumsi minuman  siap saji yang, enak, sehat, dan bergizi tinggi supaya kebutuhan gizi tubuh tercukupi.
2.    Agar masyarakat dapat menjadikan susu biji nangka sebagai rumah produksi yang akan membantu ekonomi keluarga.
  1. Daftar Pustaka
Corwin, Elizabeth. 2000. Patofisiologi. Jakarta: EGC
Courtnex, Mary. 2001. Terapi Diet dan Nutrisi. Jakarta: Hipokrates


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar